Thursday, July 01, 2010

Be A Candle In The Dark

Nilai, dari dulu aku nda pernah terlalu memusingkan hal itu. Bagiku yang terpenting adalah bagaimana aku tau prosesnya. Bahwa aku mengerjakan semua dengan usahaku. Dan itulah nilaiku. Bukan apa yang diberikan orang padaku.

Aku nda pernah sadar betapa berartinya nilai buatku. Tapi sekarang aku mulai menyadarinya. Ketika ada yang namanya indeks prestasi yang mengukur seberapa tinggi diriku. Aku tak pernah memusingkannya, dengan hasil yang pas-pas an. Tapi sekarang aku mulai goyah dengan semua itu. Ketika mendapati ada 4 mata kuliah yang harus aku ulang semester depan. Yang menurutku, sebenarnya mungkin aku harus mengulang 5 mata kuliah, tapi untuk satu mata kuliah ini aku ditopang. Dan itu benar-benar suatu hal yang luar biasa bagiku. Melihat bagaimana usahaku disana sangat minimal.

Kepercayaan bahwa aku akan tetap bisa melanjutkan mata kuliah selanjutnya dengan sedikit topangan itu membuatku merasa, yang aku butuhkan bukanlah omelan untuk terus belajar, tapi kepercayaan bahwa aku bisa melakukannya.

Aku tau aku sedih, melihat betapa banyaknya tekanan di tahun ini, tapi aku tau, tahun ini akan berakhir dan berganti dengan tahun yang baru ...

0 comments: