Friday, July 09, 2010

Nda Bisa Sendiri

Ada beberapa orang, yang mengatakan bahwa aku tak bisa sendirian, dan sepertinya aku mulai bisa menyetujui hal itu. Pada saat-saat tertentu aku butuh orang dan nda isa sendiri.

Yah, aku selalu berusaha terlhat ceria pada saat-saat tertentu, dan ketika aku tak mampu lagi, aku benar-benar menjadi sangat melan, untuk beberapa saat, kemudian akan terlihat ceria lagi.

Bukan kemauanku, aku tak benar-benar mengerti, tapi sepertinya memang seperti itu. Manusia nda bisa hidup sendiri, sapapun itu. Karena manusia makhluk sosial. Bila ada yang berkata, aku bisa sendiri, aku rsa itu suatu hal yang tidak mungkin untuk jangka waktu yang lama. Mungkin bisa untuk jangka pendek. Setidaknya tidak untuk semua lingkungan, pasti ada satu orang setidaknya yang ada, walaupun tidak 24jam ada. Orang bisa hidup sendiri, berarti sampai kapanpun sendiri, bukan dengan adanya satu orang yang ada disampingnya, walau pada waktu tertentu.

Ketika aku berkata aku bisa hidup sendiri, itu artinya aku tak berelasi dengan sapapun, tidak dengan Tuhan, manusia, hewan, tumbuhan, air, udara, tanah, tidak dengan dirinya, tidak dengan apapun. Sungguh tak mungkin terjadi ...

0 comments: