Monday, November 01, 2010

Operasi

Hari ini hari paling menegangkan buatku. Waktu berjalan sangat lama, membuatku berada dalam kegelisahan yang lebih dalam.

Papaku operasi jantung hari ini, penyumbatan. Terlalu parah sehingga harus di by pass. Aku tetp masuk kuliah hari ini, mamaku nda bolehi aku bolos kuliah terus-terusan. Tapi, aku benar-benar tak bisa menangkap apapun di kelas, aku berusaha mengerti apa yang dikatakan dosenku, tapi aku benar-benar tak menangkap apa-apa. Terlalu hampa dan kosong.

Aku menangis di perjalanan pulang, membayangkan saat itu papaku sedang di bedah, membayangkan, bagaimana cara dokter memotong pembuluh darah dari jantungnya dan menggantinya dengan urat dari kaki, bagaimana bisa papaku tetap bernapas, bila pembuluh darah dari jantungnya dipotong dan diganti dengan urat kaki. Aku sedih, jauh melebihi kesedihan selama ini.

Operasinya sukses, papaku tersadar sore hari tapi dokter tak memperkenankannya untuk berbicara. Aku baru menelepon mamaku, kata mama, papaku sedang di ICU, dengan banyak selang ditubuhnya. Beliau tak boleh bicara, makan maupun minum hingga 2 harian ke depan. Sepertinya cukup memprihatinkan, aku yakin mamaku menahan tangisnya ketika berbicara denganku, seperti yang juga kulakukan.

Mamaku orang yang kuat, aku tau itu, sebenarnya kami hampir sama dalam banyak hal dan aku bisa mengerti banyak hal tentang itu. Yang aku tau, mamaku jauh lebih kuat dariku. Tapi kami akan tetap saling menopang untuk bisa terus berdiri.

Aku, seharusnya ada disana, setidaknya mamaku tak akan sendirian disana, setidaknya ada aku yang bisa menemaninya, atau mungkin kokoku. Karena aku tau kokoku jauh lebih tegar dariku, aku pasti akan menangis melihat kondisi papaku, kokoku mungkin juga akan menangis, tapi aku pasti menangis lebih parah darinya puluhan kali lipat.

Aku kangen papaku, aku kangen mamaku, aku kangen melihat mereka setiap bangun tidur dan sebelum aku pergi untuk tidur. Aku rindu bertatap muka dengan mereka, aku rindu dimarahi papaku, aku rindu berkumpul bersama mereka~

Kenapa harus papaku? Aku mau nggantino papaku, jadi orang yang menunggu benar-benar sangat berat untukku~

0 comments: