Tuesday, October 26, 2010

Kerja

Menurutku, kerja dan kuliah, dua-duanya punya tekanan masing-masing, aku tau itu. Harusnya kuliah jauh lebih menyenangkan daripada kerja. Tapi bagiku justru sebaliknya. Aku jauh lebi suka kerja daripada kuliah, semakin lama, aku semakin merasa, kuliah hanyalah sebuah proses untuk mendapatkan kedudukan dimata orang lain, gelar sarjana hanyalah sebuah harga seberapa tinggi orang menilai diri kita.

Dunia luar, hubungan dan komunikasi dengan orang luar, sepertinya aku baru tau secuil dari bongkahan besar hubungan sosial yang ada. Selama ini, komunikasi yang ada dalam diriku hanyalah komunikasi kecil. Komunikasi dengan diriku sendiri, komunikasi dengan keluargaku, dengan teman-teman dekatku, dan beberapa orang lain. Itulah hidup sosialku. Entahlah, mungkin juga karena didikan dari keluargaku membuatku hidup dalam tata cara yang membuatku sering ketakutan ketika berjalan sendirian dan bertemu orang baru. Karena pikiranku langsung memikirkan banyak hal negatif terlebih dahulu ketika bertemu orang baru.

Hari ini, aku tau beberapa hal baru tentang diriku. Sepertinya aku terlalu sensitif mennggapi hal yang belum pernah terjadi padaku sebelumnya, berhadapan dengan kerjaan, klien yang emosi karena sesuatu hal, cukup membuatku goyah dan takut, tapi aku menanggapi rasa takut itu dengan tetap menghadapinya. Yah, begitulah caraku. Hanya cukup belajar 1x dari satu hal, dan dari situ aku bisa memikirkan banyak cara atau jalan keluar lain untuk masalah yang serupa.

0 comments: