Saturday, August 20, 2011

Man

Laki-laki, dari kecil yang aku tau adalah bahwa seorang ayah adalah kepala keluarga. Dan saudara laki-laki adalah orang yang akan melindungi saudara perempuannya. Dulu, segalanya tampak begitu indah dan berjalan sesuai yang seharusnya terjadi. Semakin dewasa, semakin banyak keganjilan yang ada dalam hukum itu. Emansipasi wanita seperti telah merubah hukum yang seharusnya berjalan.

Pencari nafkah tak lagi laki-laki, wanita pun menjadi orang yang mencari nafkah. Menurutku, emansipasi wanita ini benar-benar menumbuhkan laki-laki yang pemalas dan tak ingin bekerja. Mungkin karena menganggap wanita bisa melakukan segalanya. Aku tau ada sepasang suami istri, dimana istrinya yang bekerja dan suaminya hanya menjadi "ayah rumah tangga". Sungguh ironis, tapi itulah yang terjadi.

Walau bagaimanapun, laki-laki selalu lebih kuat dari wanita, karena seperti itulah adanya. Mungkin yang membuat semuanya berubah adalah karena salah satu sifat wanita yang selalu ingin berkorban untuk orang lain, terutama yang mereka sayangi. Berusaha memberi lebih banyak bantuan dan enggan untuk menerima bantuan lebih.

Aku suka melihat laki-laki yang memiliki prinsip bahwa laki-laki dan perempuan berbeda. Dimana mereka selalu berusaha melakukan segala sesuatu lebih dulu dibandingkan wanita. Tau menempatkan diri. Mengerti bahwa mereka lebih dari wanita, memiliki ketegasan memutuskan sesuatu, dan tak takut anggapan orang lain tentang keputusan yang mereka ambil, mereka tetap akan berdiri dalam pendiriannya. Tak mudah menemukan laki-laki yang seperti itu sekarang ini. Selama hidupku, sepertinya aku hanya menemukan tak lebih banyak dari jumlah jari di satu tanganku.

0 comments: