Sunday, August 07, 2011

The Game

Dalam hidup ini, kita tak lepas dari permainan hidup. Pertahanan diri dan kepandaian untuk mengetahui situasi seharusnya ditanamkan sejak usia dini. Ada banyak hal yang mengubahku menjadi diriku yang sekarang. Perubahan yang terjadi karena hinaan dan olokan teman-temanku dulu. Mungkin itulah satu pelajaran yang membuatku semakin bijak sana.

Dan mungkin satu hal yang aku tau. Pikiran tetap ada, walaupun kita mati. Dan pikiranku masih ada dalam kehidupanku yang sebelumnya (mungkin). Karena aku tak pernah berpikir bahwa kehidupan adalah hal yang picik. Ketika seseorang tak berani keluar dari zona nyamannya, dan berkutat pada kehidupan apa adanya. Seperti itulah dia seumur hidupnya. Dan aku ingin berubah, menjadi seseorang yang berbeda, dengan sifat yang sama tetapi lebih bijak. Kepolosan adalah sifat dasar manusia, kepicikan adalah sifat yang terbentuk dari pengamatan dan pengalaman. Kebijaksanaan adalah tetap dalam sifat asli kita tetapi lebih menggunakan pikiran dalam menjalankannya.

Aku yang dulu, mungkin aku akan sangat marah, kecewa, dan menangis seorang diri ketika menghadapi keadaan ini. Ketika mengetahui bahwa diriku tak lebih baik dari sebuah boneka, yang dimainkan oleh orang yang ingin memainkannya.

Ada dua hal yang bisa kita lakukan dalam menghadapi suatu masalah, kita tetap terpuruk dalam masalah itu, menyalahkan diri sendiri atau orang lain, atau kita berpikir dan mencari solusi sehingga kita dapat bangkit lagi dari keterpurukan yang ada. Segala sesuatu butuh proses, dan disinilah awal aku akan memulainya~

0 comments: