Tuesday, August 24, 2010

Sesuatu Yang Baik

Aku baru tau, bahwa orang terlalu baik itu salah. Ada bener e, ketika hal itu merugikan, mempertimbangkan hal itu sebagai suatu yang menolong orang, maka walaupun merugikan, aku tetap akan melakukannya.

Tapi aku baru tau, itu justru menggerogotiku. Yah, jujur, itu aku, dari aku kecil hingga saat ini, mamaku sepertinya juga tau tentang hal itu, dan selalu memarahi aku, tapi aku belum pernah bisa menangkap maksud yang bisa kudapat dari setiap nasehat mamaku.

Tapi hari ini, sepertinya aku tau, kadang orang tak perlu baik kepada semua manusia, karena manusia punya keterbatasan, karena manusia perlu punya sedikit ego dalam dirinya, yang akan menuntunnya.

Sepertinya sudah sangat lama, aku menganggap bahwa aku bisa membantu orang menjadi lebih baik. Dan jujur, slama ini aku selalu bisa membuat seseorang menjadi lebih baik dr sblmnya. Tapi sepertinya, aku lupa, bahwa aku juga manusia yang punya perasaan, yang tak seharusnya selalu menghapus kesalahan yang ada, menerima kembali, di manfaatkan lagi, sadar lagi, dan itu terus berulang.

Dan, kali ini, sptnya aku tau, bahwa aku juga manusia, aku punya harga diri yang harusnya menjadi satu pegangan bagiku. Karena aku bukanlah Tuhan, aku bukanlah Dewa atau Dewi yang ada di angkasa, yang bisa memaafkan segala kesalahan.

Aku meniru teladan mereka, bahwa kasih adalah satu penyelesaian, bahwa memaafkan yang salah adalah suatu hal yang baik adanya dan benar-benar melupakan diriku sebagai manusia yang punya perasaan.

Memaafkan memang satu hal yang baik, tetapi, terjatuh berkali" di lubang yang sama adalah suatu kebodohan, bukan satu hal yang baik.

Tolong sadarkan aku ketika aku berada di jalan yang salah, semoga aku memiliki hati yang kuat menghadapi segala sesuatu yang ada, semoga pikiranku di beri kejernihan dalam berpikir, sehingga bisa mendapatkan satu keputusan yang baik, semoga aku bisa belajar dari semua kesalahanku, dan bukan hanya melupakannya, semoga aku jauh dari rasa iri dan benci, semoga aku menyadari bahwa diriku hanyalah seorang manusia yang memiliki ingatan akan kesalahan yang ada, dan belajar dari kesalahan" yang ada. Semoga aku punya hati yang cukup kuat sehingga tak mudah untuk goyah ...

1 comments:

Ta said...

"Memaafkan memang satu hal yang baik, tetapi, terjatuh berkali" di lubang yang sama adalah suatu kebodohan, bukan satu hal yang baik."

is the best quote of the day!
:)