Friday, October 10, 2008

Tidur Tidak Dapat Bergerak (Sleep Paralysis)

Pernah terbangun dari tidur, tetapi sulit bergerak ataupun berteriak?

Banyak orang mengira hal seperti ini adalah karena di ganggu oleh makhluk halus. Bahkan, di beberapa lukisan abad pertengahan, tindihan digambarkan dengan sosok roh jahat menduduki dada seorang perempuan hingga ia ketakutan dan sulit bernapas. Tetapi, sebenarNya hal ini dapat dijelasKan secara ilmiah ...


Menurut medis, hal ini dikenal dengan istilah Sleep Paralysis. Yaitu keadaan ketika seseorang akan tidur atau bangun tidur merasa badanNya tak dapat bergerak dan tak bisa berteriak. BiasaNya terjadi ketika seseorang kurang tidur atau kelelahan. Sleep Paralysis umumNya terjadi pada orang yang tidur dalam posisi telentang (wajah menghadap ke atas dan hampir nyenyak atau dalam keadaan hampir terjaga dari tidur)

Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum, di sinilah sleep paralysis terjadi. Kita merasa sangat sadar, tapi tubuh tak bisa bergerak. Ditambah lagi adanya halusinasi muncul sosok lain yang sebenarnya ini merupakan ciri khas dari mimpi.

Selain itu, bisa juga disebabkan sesuatu yang tidak dapat dikontrol. Akibatnya, muncul stres dan terbawa ke dalam mimpi. Lingkungan kerja pun ikut berpengaruh. Misalnya, Anda bekerja dalam shift sehingga kekurangan tidur atau memiliki pola tidur yang tidak teratur. (Kompas Minggu 21 September 2008)

0 comments: