Friday, August 14, 2009

Cara Merasakan Kebahagiaan di Antara Kekurangan Yang Ada

Sebenarnya, ada banyak hal yang dapat membuat kita bersyukur dengan kehidupan. Apalagi jika kita dilahirkan di keluarga orang menengah ke atas. Tapi, kadang kala, segala sesuatu yang kita inginkan selalu kita dapat kapan pun kita mau. Tanpa harus menunggu lama dan tanpa usaha.

Ada banyak hal yang aku sadari tentang bagaimana bersyukur dan menikmati kebahagiaan di antara kekurangan yang kita miliki.

Kita akan merasa sangat bahagia setelah mengetahui bagaimana rasanya jika kita tidak mendapatkan sesuatu.


Tentang diriku ...
Aku akan merasa sangat bahagia, dan bersyukur, karena
Ketika aku lapar, aku makan dan merasa kenyang.
Aku bisa menikmati betapa nikmatnya makanan yang aku makan. Betapa beruntungnya karena dapat makan sesuatu yang sangat enak

Ketika aku haus, aku minum dan merasa lega.
Aku begitu bahagia karena merasakan betapa beruntungnya aku bisa minum ketika aku haus.

Ketika aku pulang malam, aku merasa capek.
Aku akan merasa sangat bahagia, karena telah dilahirkan di keluarga menengah ke atas. Aku punya mobil yang mengantar jemputku, sehingga aku tak perlu bersusah payah mencari kendaraan umum pada malam hari, dan menempuh perjalanan yang jauh lebih cepat dibandingkan jika aku harus naik kendaraan umum. Aku bahagia, karena aku punya rumah, tempat untuk melindungiku dari gelapnya malam, dan panasnya siang. Aku bisa melepas kelelahanku di kasur yang empuk, dengan ac yang mendinginkan ruangan.

Aku bersekolah, mulai dari SD, hingga kini menginjak kuliah, dan aku sangat bahagia karena menyadari, betapa beruntungnya aku, dapat mengikuti pelajaran, membaca banyak buku, mengetahui banyak wawasan dan pengalaman, dan dapat bertemu dengan banyak orang. Belajar berinteraksi, belajar mandiri dan menjaga emosi.

Aku bersyukur, karena aku dilahirkan dengan tubuh yang normal. Aku punya dua mata yang dapat melihat dengan jelas, menuntunku kemana aku pergi. Aku ounya dua telinga, yang membantuku mendengar betapa merdunya kicauan burung, desir angin dan bunyi ombak. Aku punya dua tangan dan kaki. Dan yang paling membahagiakan adalah karena aku dilahirkan sebagai seorang manusia yang utuh.

Aku bersyukur karena dapat menempuh pendidikan di tempat yang baik sekali. Aku bersyukur karena aku bisa merasakan bagaimana punya HP, komputer, laptop. Aku bahagia, karena aku dapat membeli banyak sekali buku yang ingin aku beli. Aku sangat bahagia.
Aku bahagia karena dapat merasakan bagaimana mencantai dan dicintai. Aku bahagia karena memiliki dua orang tua yang sangat baik dan perhatian. Aku sangat bahagia karena aku masih memiliki keluarga yang utuh.



Ketika kita menyadari bahwa ada banyak sekali hal yang dapat membuatu kita bahagia dan bersyukur, saat itulah dunia akan terlihat begitu indah. Di balik semua kekurangan yang kita miliki, tersimpan banyak sekali kelebihan yang membuat kita sangat bahagia. Orang yang miskin, orang yang lemah, bukan berarti merupakan orang yang menderita. Ada banyak sekali kebahagiaan bagi semua orang, jika kita dapat menyadarinya.

0 comments: